Musisi Indie Yang Melejit di Tahun 2019


Indie 

 adalah sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, yang banyak disalahartikan orang sebagai salah satu genre musik. Indie sendiri berasal dari kata Independent yang berarti bebas/merdeka. Musik yang mulai populer di Tahun 80-an ini tidak melibatkan Major label dalam memasarkan karya mereka, banyak band-band ternama yang memulai kariernya melalui jalur Indie ini,seperti Arctic Monkeys, Radiohead, The 1975, Nirvana, dan banyak lagi.
Di awal Tahun 2020 ini saya akan membahas tentang musisi-musisi Indie yang melejit di Tahun 2019 lalu. Nah, berikut ini adalah musisi-musisi yang sedang digandrungi khususnya oleh generasi Millenial 2019 lalu.


1. .Feast

Grup band yang berawal dari sekumpulan mahasiswa FISIP UI ini benar-benar mencuri panggung di Tahun 2019 lalu, lagu-lagunya yang banyak menyinggung masalah sosial politik dapat menarik perhatian generasi muda yang kritis dan progresif. Single berjudul Peradaban yang ditulis setelah peristiwa bom di Surabaya lah yang membuat band ini benar-benar meroket hinggal dikenal khalayak ramai, sampai-sampai lagu ini dinyanyikan oleh para demonstran yang menolak RUU-KUHP September, 2019 lalu. Di Tahun 2019 sendiri .Feast diundang ke banyak festival-festival besar seperti Synchronize, Soundrenaline, serta We The Fest 2019.


2. Danilla Riyadi

Penyanyi kelahiran 12 Februari 1990 ini pasti sudah tak asing bagi penikmat musik Indie, sosok yang selalu tampil apa adanya ini mudah membuat orang lain suka dengannya. Di Tahun 2019 lalu Danilla menjajal kemampuan aktingnya dengan membintangi 2 judul film layar lebar ( Koboy Kampus & Pretty Boys ), di film terakhir kemunculan berhasil menyita perhatian para penonton. Tak hanya menunjukan kepiawaiannya bermusik, di sela-sela konser Danilla kerap melontarkan joke-joke atau candaan yang mengundang tawa penonton. Ada-ada saja ya...



3. The Panturas

Musisi yang melejit di Tahun 2019 berikutnya adalah The Panturas. Jika .Feast selalu membawa isu"sosial politik, maka The Panturas hadir dengan isu tentang laut yang selalu mereka suarakan. Nama The Panturas sendiri terinspirasi dari band asal Amerika Serikat yang bernama The Ventures, grup musik asal Jatinangor ini sendiri memilih aliran musik surf rock karena melihat penikmat genre musik ini masih sedikit. Salah satu yang unik dari band ini adalah mereka pernah merilis sebuah single melalui aplikasi kencan online. Di Tahun 2019 lalu, mereka merilis single berjudul Putra Petir sebagai tribute untuk Gundala, Superhero asal Indonesia.




4. Hindia

Ketika mendengar namanya mungkin kita familiar, ya memang seperti itulah Hindia. Nama yang unik, sederhana, dan mudah diingat. Hindia sendiri adalah nama project solo dari Baskara Putra yang merupakan vokalis dari .Feast. Jika di .Feast Baskara menulis lagu-lagu bertema kritik sosial, maka di Hindia Baskara menulis lagu dengan topik yang sangat personal. Di 2019 sendiri, Hindia telah merilis album yang diberi nama Menari dengan Bayangan yang terdiri dari 15 lagu. Dengan single andalanya seperti Secukupnya, Evaluasi, Membasuh, dll.




5. Reality Club

Grup band bergenre IndiePopRock asal Jakarta ini beranggotakan Fathia Izzati (vokal), Faiz Novascotia (vokal), Iqbal Anggakusumah (gitar), Nugi Wicaksono (bas), Era Pratigo (drum) , mereka memulai kariernya dengan segala keterbatasan. Reality Club bahkan merekam album pertamanya di kamar salah satu personil mereka. Di Tahun 2019 kemarin Reality Club sendiri sering tampil di festival-festival musik. Bahkan di Tahun 2020 ini, mereka dijadwalkan akan tampil di SXSW Austin, Maret nanti. Hmm patut dinantikan kiprah mereka di 2020 ini.

Nah, itulah beberapa Musisi yang melejit di Tahun 2019 lalu, menurut kamu siapa lagi yang berhak masuk daftar di atas? tuliskan pendapatmu di kolom komentar !

Tag : Musisi Indie, Lagu Indie, Musisi Indie 2019, Musisi Indie Terbaik, Band Indie, Indie, Musisi Indie, Lagu Indie, Musisi Indie 2019, Musisi Indie Terbaik, Band Indie, Indie, Musisi Indie, Lagu Indie, Musisi Indie 2019, Musisi Indie Terbaik, Band Indie, Indie

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

10 Lagu terbaik Nirvana dan maknanya

Biografi dan Fakta-fakta Arctic Monkeys

Biografi Avenged Sevenfold